Minggu, 04 Oktober 2009

Apa sich Terumbu Karang?

ada yang belum pernah mendengar tentang terumbu karang?wah kemana aja anda.....hee....terumbu karang layaknya hutan di darat mempunyai peranan penting dalam ekosistem yang ada di laut..yuk sekarang kita mengenal sedikit tentang terumbu karang...

Terumbu karang (coral reefs) merupakan kumpulan masyarakat (binatang) karang (reef corals) yang hidup di dasar perairan yang berupa batuan kapur (CaCO3) dan mempunyai kemampuan yang cukup kuat untuk menahan gaya gelombang laut. Binatang-binatang karang tersebut umumnya mempunyai kerangka kapur demikian pula algae yang berasosiasi di ekosistem ii banyak di antaranya juga mengandung kapur. Di damping biota tersebut banyak organisme-organisme lain seperti ikan, kerang, lobster, penyu yang juga hidup berasosiasi di ekosistem terumbu karang.
Ada dua tipe karang yaitu karang yang membentuk bangunan kapur (hermatypic corals) dan yang tidak dapat membentuk bangunan karang (ahermatypic corals).
Hermatypis corals adalh hewan yang dalam hidupnya bersimbiose dengan sejenis algae (zooxanthellae) dan hidup di jaringan-jaringan polypi karang tersebut serta melakukan forosintesis. Hasil samping dari fotosistesis tersebut adalah endapan kalsium karbonat yang struktur dan bentuk bangunannya khas. Ciri ini yang akhirnya digunakan untuk menentukan jenis dan spesies binatang karang. Karena aktivitas fotosintesis tersebut maka peran cahaya matahari adalah sangat penting sekali bagi hermatipyc corals sehingga jenis binatang karang ini pada umumnya hidup di perairan pantai/laut yang cukup dangkal yang mana penetrasi cahaya matahari masih sampai ke dasar perairan tersebut. Di samping itu untuk hidupnya binatang karang membutuhkan suhu air yang hangat yaitu berkisar antara 25-30oC. Karena sifat hidup ini sudah barang tentu bila ekosistem terumbu karang banyak di jumpai di Indonesia.

Nah itu sedikit cerita tentang terumbu karang, semoga bermanfaat dan besok-besok saya lanjutkan kembali ya...

1 komentar: